Jejak Perjalanan Indomie: Dari Pabrik Surabaya Menuju Ke Seluruh Dunia

bintangbisnis
Indomie, dari Surabaya mendunia

 

 

Indomie adalah merek mi instan yang sangat terkenal di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Sejarah Indomie dimulai pada tahun 1970-an ketika pendiri PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, yaitu Sudono Salim (Liem Sioe Liong), memulai produksi mi instan pertamanya di pabrik yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Mi instan tersebut diberi nama “Indomie” yang merupakan singkatan dari “Indonesia” dan “mie” (kata dalam Bahasa Indonesia yang berarti mie atau mi).

 

Indomie awalnya diluncurkan dengan varian rasa ayam dan mi goreng. Produk ini berhasil meraih popularitas dengan cepat di kalangan masyarakat Indonesia karena kemudahan dalam persiapan, rasa yang lezat, dan harga yang terjangkau. Dalam beberapa tahun, Indomie menjadi salah satu merek mi instan paling populer dan dikenal di Indonesia.

 

Selanjutnya, Indomie terus mengembangkan berbagai varian rasa dan jenis mi instan, termasuk mi kuah dengan berbagai bumbu dan mi goreng yang dapat diolah dengan cara digoreng. Merek ini juga dikenal karena inovasi produknya, seperti meluncurkan mi instan dengan resep dan bumbu khas dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Pada tahun 1982, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk resmi didaftarkan di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, yang menandai langkah awal Indomie sebagai bagian dari kelompok usaha Indofood.

 

Seiring berjalannya waktu, Indomie juga mulai diekspor ke berbagai negara di luar Indonesia, seperti Malaysia, Singapura, dan negara-negara di Afrika, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Eropa. Produk ini berhasil memenangkan hati konsumen di berbagai belahan dunia dan tetap menjadi salah satu merek mi instan paling terkenal dan diakui secara internasional.

 

Sejak awal peluncurannya hingga saat ini, Indomie telah mengalami banyak perubahan dalam kemasan, varian rasa, dan strategi pemasaran. Merek ini tetap menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia yang sangat dikenal dan dicintai oleh masyarakat di berbagai negara.

 

Indomie, sebagai merek mi instan yang sangat terkenal dan diakui secara internasional, memiliki penjualan yang meluas ke berbagai negara di seluruh dunia. Beberapa negara dan wilayah di mana Indomie memiliki penjualan yang signifikan meliputi:

  • Indonesia: Tentu saja, Indonesia adalah pasar utama bagi Indomie. Merek ini sangat populer di seluruh negeri dan merupakan makanan sehari-hari bagi banyak orang di sana.
  • Malaysia: Indomie juga sangat populer di Malaysia dan memiliki pangsa pasar yang besar. Berbagai varian rasa Indomie bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar dan toko-toko di Malaysia.
  • Singapura: Indomie juga dikenal luas di Singapura dan sering dijadikan makanan favorit oleh banyak penduduk di sana.
  • Nigeria: Di Afrika, Indomie memiliki pangsa pasar yang besar di Nigeria. Indomie telah menjadi bagian dari budaya makanan cepat saji di negara ini.
  • Mesir: Di Timur Tengah, khususnya di Mesir, Indomie juga sangat populer dan bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko dan pasar.
  • Arab Saudi: Merek ini juga memiliki popularitas yang cukup tinggi di Arab Saudi dan negara-negara sekitarnya.
  • Amerika Serikat: Indomie telah mendapatkan popularitas di kalangan komunitas Indonesia dan Asia di Amerika Serikat, meskipun mungkin tidak sebesar di negara-negara Asia dan Afrika.
  • Australia: Indomie juga memiliki penjualan yang cukup signifikan di Australia, terutama di kalangan mahasiswa dan orang-orang yang tertarik dengan makanan internasional.
  • Eropa: Beberapa negara di Eropa juga memiliki penjualan Indomie, terutama di kalangan komunitas Asia dan orang-orang yang tertarik dengan masakan internasional.
  • Negara-negara lainnya: Indomie juga dapat ditemukan di berbagai negara lainnya di seluruh dunia, meskipun kadang-kadang dengan penjualan yang lebih terbatas.

 

Penting untuk diingat bahwa daftar ini hanya mencakup beberapa negara dan wilayah di mana Indomie memiliki penjualan yang signifikan. Merek ini telah merambah ke banyak negara lainnya di seluruh dunia, mencerminkan daya tarik global dari mi instan yang lezat ini.

 

Saat ini perusahaan pemilik merek Indomie masih PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, yang merupakan perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk didirikan oleh Sudono Salim (Liem Sioe Liong) pada tahun 1990, dan perusahaan ini memiliki berbagai divisi bisnis yang mencakup makanan dan minuman, agribisnis, distribusi, dan produk pangan berbasis bahan baku.

 

Indomie hingga kini masih menjadi salah satu merek unggulan dalam divisi produk makanan dan minuman PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Perusahaan ini tidak hanya memproduksi mi instan Indomie, tetapi juga berbagai produk makanan dan minuman lainnya seperti biskuit, minuman ringan, makanan beku, minyak goreng, dan produk pangan olahan lainnya.

 

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk memiliki peran penting dalam membawa Indomie menjadi merek mi instan yang sangat populer dan dikenal di Indonesia dan di seluruh dunia. Kepemilikan dan pengelolaan oleh perusahaan ini telah membantu Indomie mencapai pangsa pasar global yang luas dan mendapatkan tempat di hati banyak konsumen di berbagai negara.

 

Bacaan Lain: 

Share This Article