Kiprah Ismaya Group, Mengubah Wajah Bisnis Kuliner di Indonesia

bintangbisnis



Di tengah gejolak bisnis yang tidak pernah surut, ada sekelompok individu yang berhasil menciptakan jejak sukses yang menginspirasi di industri kuliner dan hiburan di Indonesia. Mereka adalah trio sekawan yang mendirikan Ismaya Group, sebuah perusahaan yang telah menghadirkan berbagai konsep kafe dan restoran unik ke panggung kuliner Indonesia.

 

Pendiri yang Berani Berbeda

 

Bram Hendrata, Christian Rijanto, dan Brian Sutanto adalah tiga pemuda visioner yang memulai perjalanan mereka di dunia kuliner dengan latar belakang yang berbeda. Terlahir sekitar tahun 1976, mereka berasal dari keluarga mapan kelas menengah yang memberi mereka kesempatan untuk berkeliling ke luar negeri. Saat menjalani perjalanan ini, mereka mendapatkan inspirasi dari berbagai restoran yang mereka temui di luar negeri.

 

Meskipun mereka bukan ahli di industri makanan dan minuman, ketiganya memiliki satu hobi yang kuat, yaitu hobi makan. Hobi ini menjadi dorongan awal mereka untuk membawa konsep restoran yang mereka temui di luar negeri ke tanah air. Pada tahun 2002, mereka memutuskan untuk memulai usaha mereka dengan mendirikan restoran pertama mereka, Blowfish Kitchen & Bar, yang mengusung konsep restoran Jepang modern untuk pelanggan kelas atas.

 

Inovasi dalam Desain dan Konsep

 

Salah satu ciri khas yang membedakan Ismaya Group adalah pendekatannya yang tidak konvensional terhadap desain dan konsep restoran. Mereka tidak takut untuk berani dan berbeda. Setiap outlet mereka memiliki desain yang unik, modern, dan kekinian, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi pelanggan mereka.

 

Selain itu, Ismaya Group memiliki portofolio yang beragam, mencakup restoran premium yang eksklusif dan kafe yang ditujukan untuk pasar massal. Dengan lebih dari 100 outlet di berbagai kota, mereka berhasil menjangkau beragam segmen pasar.

 

 

Pengembangan dan Investasi yang Bijak

 

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka, Ismaya Group tidak hanya mengandalkan modal dari kantong sendiri. Mereka pintar dalam menggandeng investor dari berbagai kalangan, termasuk investor pribadi, private equity, dan venture capital. Dana investasi ini digunakan untuk memperluas outlet mereka, meningkatkan layanan pengiriman makanan, dan berinvestasi dalam teknologi.

 

Pendanaan sebesar $18,1 juta yang dipimpin oleh East Ventures dan partisipasi Falcon House Partners menjadi bukti bahwa bisnis mereka telah mendapatkan perhatian investor yang serius.

 

Diversifikasi dalam Industri Hiburan

 

Selain bisnis kuliner, Ismaya Group juga melibatkan diri dalam industri promosi acara dengan Ismaya Live. Mereka telah sukses menggelar festival musik seperti Djakarta Warehouse Project dan We The Fest, yang telah menggaet minat dari seluruh Asia Tenggara.

 

Pembagian Tugas yang Efektif

 

Untuk mengelola bisnis yang sudah berkembang pesat, ketiga pendiri Ismaya Group, yaitu Bram Hendrata, Christian Rijanto, dan Brian Sutanto, memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda. Ini adalah salah satu kunci keberhasilan mereka. Bram sebagai Direktur Pengelola dan CEO bertanggung jawab atas pengembangan bisnis, Christian Rijanto sebagai Direktur Pemasaran, dan Brian Sutanto sebagai Direktur Keuangan. Mereka bekerja sama secara kompak untuk mengelola lebih dari 100 outlet yang dimiliki oleh grup usaha mereka.

 

Mengubah Wajah Kuliner dan Hiburan Indonesia

 

Ismaya Group kini berkembang dengan punya banyak konsep dan merek resto. Mulai dari BLACKBYRD, DJOURNAL COFFEE, DRAGONFLY, KITCHENETTE, MANARAI, MR. FOX, PIZZA E BIRRA,  PUBLIK MARKETTE, SOCIAL GARDEN, SOCIAL HOUSE, SUSHIGROOVE, THE PEOPLE’S CAFE hingga TOKYO BELLY.

Ismaya Group adalah cerminan dari bagaimana visi, keberanian, dan kerja keras dapat mengubah wajah industri kuliner dan hiburan di Indonesia. Mereka telah membawa konsep-konsep inovatif ke dalam pasar yang kompetitif dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi pelanggan mereka.

 

Dengan inspirasi dari perjalanan mereka di luar negeri, dukungan investor, dan keterampilan manajerial yang kuat, Ismaya Group terus berkontribusi pada pertumbuhan industri kuliner dan hiburan di Indonesia. Kesuksesan mereka adalah bukti bahwa impian besar bisa terwujud jika Anda memiliki visi, tekad, dan keberanian untuk mewujudkannya.

 

 

 

 

Bacaan Lain: 

Share This Article