Google Tumbuh Solid Di Kuartal I 2024, Google Cloud Menjadi Pendorong Utama Pertumbuhan Dengan Kenaikan Pendapatan 28%

bintangbisnis

Perusahaan induk Google, Alphabet membukukan kinerja yang kuat pada kuartal fiskal pertama, khususnya dari pendapatan bisnis Google Search dan Google Cloud yang pertumbuhan pendapatannya memang luar biasa.

Pada kuartal pertama 2024 yang berakhir 31 Maret, Google Cloud, perusahaan komputasi awan terbesar ketiga di dunia, menghasilkan pendapatan $ 9,57 miliar, naik 28 persen dibandingkan pendapatan tahun lalu $ 7,45 miliar.

CEO Google, Sundar Pichai mengatakan, bisnis cloud terus tumbuh ketika perusahaan membawa yang terbaik dari intelijen buatan Google kepada pelanggan perusahaan di seluruh dunia.

“Diferensiasi kami di cloud dimulai dengan hypercomputer AI kami, yang memberikan infrastruktur yang efisien dan hemat biaya untuk melatih model. Saat ini, lebih dari 60 persen startup GenAi yang didanai dan hampir 90 persen Genai Unicorn adalah pelanggan Google Cloud, ”kata Pichai.

Sebagai contoh momentum yang dilihat perusahaan di cloud berkat AI, adalah penawaran Google One, yang menggabungkan penyimpanan cloud, kemampuan AI, dan fitur Google lainnya dalam satu rencana yang dapat dibagikan, telah memikat lebih dari 100 juta pelanggan. Google juga baru-baru ini juga memperkenalkan rencana AI premium yang disebut Gemini Advanced.

Pelanggan Google dalam layanan tersebut adalah merek-merek populer seperti Beyer, Mercedes Benz dan Walmart yang melihat keberhasilan AI generatif dengan Google Cloud, kata Pichai.

Selama delapan bulan terakhir Google telah meluncurkan lebih dari 1.000 produk dan fitur baru sebagai bagian dari Google Cloud Platform.

Perlu diketahui, Google Cloud baru bisa mulai profitabe pada kuartal pertama 2023 yang ketika itu sudah menghasilkan $ 191 juta dalam pendapatan operasional. Sebelum itu, perusahaan ini masih dalam tahap membakar uang dengan investasi miliaran pada setiap kuartal, untuk memperluas jangkauan infrastruktur dan layanan cloud ke pasar global.

Google Cloud memetik pendapatan penjualannya dari platform Google Cloud, layanan platform, infrastruktur, dan alat kolaborasi seperti Google Workspace. Dibutuhkan pendapatan terutama dari biaya dan langganan berbasis konsumsi dari layanan platform Google Cloud, alat ruang kerja dan layanan lainnya.

Ruth Porat, presiden perusahaan, Chief Investment Officer dan CFO, mengatakan bahwa kinerja Google Cloud selama kuartal pertama mencerminkan permintaan yang kuat untuk infrastruktur dan penawaran Google Cloud Platform, serta untuk alat produktivitas ruang kerja Google.

“Pertumbuhan yang kami lihat di seluruh cloud didukung oleh manfaat yang disediakan AI untuk pelanggan kami. Kami terus berinvestasi secara agresif sambil tetap fokus pada pertumbuhan yang menguntungkan, ”katanya.

Gemini, agen bertenaga AI Google, dibangun ke dalam alat Google Workspace, termasuk Gmail, Documents dan Sheets. Google baru-baru ini memperkenalkan Gemini untuk meeting dan pesan dan Gemini untuk keamanan ruang kerja.

“Pelanggan memilih ruang kerja karena mereka memiliki kepercayaan yang mendalam pada fitur keamanan dan privasi kami yang kuat. Bisnis cloud kami sekarang secara luas dipandang sebagai pemimpin dalam keamanan siber, ”tambah Pichai.

Google mengumumkan awal bulan ini bahwa mereka akan mengkonsolidasikan tim-tim yang fokus membangun model AI di seluruh Google Research dan Google DeepMind dalam sebuah langkah yang menurut perusahaan akan “lebih mempercepat kemajuan dalam AI.”

Google Cloud, yang memberikan pendapatan operasional $ 900 juta selama kuartal ini, menyumbang hampir 12 persen dari total pendapatan Google sebesar $ 80,54 miliar pada 2024 kuartal pertama.

Google mengalahkan prediksi Wall Street sebesar $ 78,59 miliar selama kuartal fiskal pertamanya tahun ini. Perusahaan ini juga mengalahkan harapan Wall Street untuk pendapatan iklan YouTube dan pendapatan cloud.

Saham perusahaan induk Google, Alphabet, naik lebih dari 12 persen dalam aktivitas setelah jam kerja pada berita tentang hasil pendapatan. (ED)

Share This Article