15 Indikator Perusahaan Terbaik Untuk Berkarir Dan Bekerja

bintangbisnis
Indikator perusahaan idaman untuk bekerja

 

Bekerja di perusaahaan terbaik dan ideal merupakan impian semua pekerja dan peniti karir. Tapi memang tak mudah mendapatkan perusahaan yang ideal untuk bekerja. Pada umumnya manajemen perusahaan atau pemilik hanya menempatkan karyawan sebagai faktor produksi untuk menghasilkan uang, tapi kurang menghargai mereka sebagai manusia. 

Tapi perusahaan-perusahaan yang hebat mengubah cara mereka beroperasi dan berbisnis dengan mengembangkan kebijakan dan menciptakan tempat kerja yang membuat karyannya bahagia, happy dalam bekerja dan berkarir. Penelitian dari University of Warwick menjelaskan, pekerja atau karyawan yang bahagia 12% lebih produktif dibanding yang tidak berbahagia dalam berkarir. 

Pertanyaannya, apakah anda sudah bekerja di perusahaan yang hebat? Apakah Anda sudah bekerja di perusahaan yang layak bagi Anda untuk setia di perusahaan itu? 

Berikut ini beberapa indikator yang menjadi ciri atau indikasi bahwa Anda bekerja di perusahaan yang hebat.

 

1. Pemimpin perusahaan atau tim leader di perusahaan yang jujur, mudah didekati, dan adil (fair).

 

Bagi siapapun karyawan, tentu lebih mudah untuk menjadi follower dan anak buah dari seorang leader yang jujur yang menginginkan hal terbaik untuk Anda, untuk diri mereka sendiri dan perusahaan. Pemimpin yang apa adanya, punya integritas dan tidak punya agenda-agenda tersembunyi. Anda pasti akan membela mati-matian bisa leader jujur dan memang benar-benar memimpin perushaaan apa adanya dan ingin memperjuangkan kemajuan perusahaan dan karyawannya.

 

2. Ada ruang untuk pengembangan diri dan pertumbuhan.

 

Ruang untuk pengembangan diri, pengembangan kompetensi, ruang untuk promosi jabatan, dan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan itu penting agar sebagai karyawan tidak stagnan. Tidak jumud. Kalau perusahaan anda karir tidak jelas dan tidak menyediakan ruang untuk berkembang secara lebih baik, jelas itu hal yang buruk. Terlebih kalau gajinya hanya so so saja. Ada beberapa perusahaan bagus yang mau memberikan beasiswa, memberikan ruang training, dan lain-lain. Karyawan diikutkan pada program-program kursus yang membuat pintar. Karir di perusahaan juga terbuka, bukan yang 25 tahun hanya menjadi supervisor.  

 

3. Ada kesempatan berkolaborasi terbuka antara semua orang.

 

Pertemuan sesekali untuk berkolaborasi tentang apa yang perlu ditangani antara Anda dan kantor lainnya adalah penting. Anda tentu happy bila suara Anda didengar oleh tim manajemen dan mereka ada di sana untuk mendengar apa yang Anda katakan dan apa yang mengganggu Anda.

 

4. Perusahaan memberikan feedback yang konstruktif ke karyawan.

 

Jika Anda bekerja untuk perusahaan yang memberi Anda laporan kemajuan bulanan, triwulanan, atau tahunan, itu adalah hal yang baik. Ini berarti bahwa mereka peduli untuk menjaga Anda tetap ada dan memastikan Anda tahu langkah apa yang perlu diambil untuk masuk lebih jauh ke perusahaan. Penting untuk menganggap ini sebagai kritik konstruktif dan bukan secara pribadi. Manajemen Anda memberi Anda kesempatan untuk mencari tahu apa yang perlu dilakukan untuk bergerak maju dengan perusahaan dan benar -benar peduli bahwa Anda membuatnya sejauh yang Anda bisa.

 

5. Ada proses perekrutan yang luas untuk mencegah pekerja toxic.

 

Jika Anda harus melalui beberapa wawancara untuk mulai bekerja untuk pekerjaan Anda, kemungkinan besar mereka berupaya keras dalam proses perekrutan untuk mencegah pekerja beracun (toxic worker) yang datang ke kantor. Ini adalah orang-orang yang negatif dan menyebarkannya hal buruk. Mereka adalah orang-orang yang memberi pengaruh negatif dan bermain politik di kantor karena mereka menyukai “drama kantor”. Perusahaan yang fokus pada kebahagiaan karyawan akan memastikan bahwa Anda bekerja dengan orang-orang yang bersemangat, antusias dan pekerja keras.

 

6. Anda layaknya kerja di perusahaan kecil walaupun sebenarnya organisasi perusahaan Anda sangat besar.

 

Jika Anda berinteraksi dengan tim manajemen atas secara lebih baik, lebih dari sekadar email, itu pasti hal yang baik. Perusahaan yang memiliki CEO atau manajer yang melakukan sentuhan kemanusian, ngewongke, menjalin persahabatan, akrab, tidak sok berkuasa, dekat karyawan, tentu akan menyenangkan. Perusahaan anda mungkin perusahaan besar, tapi hubungannya hangat seperti sebuah keluarga kecil. Kadang ada hadiah, kadang ada jadwal makan malam bersama untuk ramah-tamah untuk menyentuh sisi hati manusia. Jadi, para bosnya peduli bagaimana perasaan karyawan mereka.

 

7. Punya fokus besar terhadap moral antara karyawan  dan keluarga mereka.

 

Adalah hal yang baik jika tim manajemen perusahaan Anda punya perhatian dengan diri dan keluarga anda baik terkait pekerjaan atau kehidupan rumah Anda. Itu berarti mereka benar-benar ingin tahu siapa Anda sebagai pribadi, bukan hanya seorang karyawan. Ini meningkatkan moral dan memberikan rasa kebersamaan di dalam dan di luar kantor. Kalau ada keluarga karyawan yang kena musibah atau terjerat hutang tak sengaja misalnya, perusahaan berusaha membantu mencarikan solusi. 

 

8. Suasananya menyenangkan dan bermanfaat.

 

Tentu sebuah perasaan yang luar biasa bila dihargai ketika melakukan pekerjaan yang Anda lakukan dengan baik. Beberapa perusahaan mulai melakukan undian TV, liburan dan kartu hadiah untuk meningkatkan kebahagiaan dan kegiatan karyawan. Jika Anda telah diberi tepukan di bagian belakang, kata-kata penghargaan atau bahkan telah memenangkan TV, itu berarti Anda bekerja untuk perusahaan yang hebat.

 

9. Punya lingkungan kerja yang beragam.

 

Lingkungan yang beragam berarti bahwa perusahaan Anda mempekerjakan berdasarkan siapa yang paling cocok dengan tujuan perusahaan dan meningkatkan moral tim. Ini terlepas dari ras, usia, jenis kelamin, pengalaman dan kadang-kadang pendidikan.

 

10. Memberi kompensasi/bayaran yang  fair

 

Tidak ada yang suka dibayar sangat sedikit untuk sebuah kerja keras. Perusahaan yang baik tentu akan memastikan upah yang adil, memberi bonus dan kesejahteraan karyawan. Mereka akan mengembalikan sebagian untung ke karyawan. 

 

11. Ada arah dan instruksi yang jelas

 

Sangat mudah untuk tetap berpegang pada harapan dan mengikuti instruksi. Ketika Anda diberi tujuan dan arah yang jelas dan tahu apa saja langkah yang perlu Anda ambil untuk sampai ke sana, itu berarti pekerjaan Anda bukan hanya melempar nomor, tugas, atau pertemuan pada Anda hanya untuk membuat Anda sibuk. Mereka benar-benar ingin melihat Anda berhasil. Anda lebih mudah untuk melangkah kedepan, tahu arah dan tahapannya akan kemana. 

 

12. Memberi kesempatan istirahat sesekali di hari kerja.

 

Meskipun tampaknya tidak logis untuk mengambil lebih banyak istirahat untuk menjadi lebih produktif, beberapa perusahaan percaya bahwa itu terjadi. Jika Anda memiliki lebih dari satu istirahat makan siang itu, itu berarti mereka peduli lebih dari sekadar kebutuhan nutrisi Anda. Mereka peduli dengan produktivitas, tingkat stres, dan efisiensi Anda. Setiap orang membutuhkan istirahat, rehat ngopi sejenak, meski hanya lima belas menit untuk berbicara berjalan-jalan setelah beberapa saat kerja stress. 

 

13. Kinerja keuangan perusahaan terus tumbuh

 

Tentu saja diantara ciri perusahaan yang bagus kinerja keuangan perusahaan itu juga bagus. Penjualan tumbuh dan net profit positif. Tanpa perusahaan untung, jelas perusahaan sulit melakukan berbagi karyawannya dan masa depannya layak dipertanyakan. Perusahaan yang profitnya tumbuh jelas punya ruang yang lebih luas untuk membahagiakan karyawan. 

 

14. Ada program tunjangan untuk keluarga dan masa pensiun

 

Perusahaan yang baik bukan hanya memikirkan kebaikan anda sekarang ini saat anda masih sehat dan berkontribusi. Tapi mereka memikirkan bagaimana anda kelak sudah tua dan sudah tidak bisa bekerja lagi. Mereka memikirkan tunjangan pensiun untuk masa tua anda. Mereka punya kepedulian dan rencana agar anda tidak susah di hari tua. 

 

15. Manajemen perusahaan itu terbuka dengan pencapaian perusahaan. 

 

Perusahaan yang baik dan nyaman untuk bekerja, jelas perusahaan yang transparan. Misalnya tahun ini net profit berapa, yang bisa dibagi untuk bonus berapa, yang haknya koperasi karyawan berapa, semua dinfokan jelas ke karyawan. Hitungan dan pencapaian diinfokan dengan transparan dan tentu saja karyawan harus menjaga kerahasiaannya karena data perusahaan itu bagian dari persaingan bisnis dan tidak perlu diketahui kompetitor. Kalau anda kerja di perusahaan yang untung atau rugi tapi serikat pekerjanya tidak tahu jelas itu tidak bikin happy. Apalagi kalau disitu ada koperasi karyawan yang punya saham di perusahaan itu, jelas karyawan melalui koperasinya wajib tahu kinerja keuangan yang riel dan detil karena itu hak pemegang saham. 

 

Yang perlu diperhatikan oleh tim manajemen perusahana bahwa kalau karyawan tahu kinerja perusahaan maka ia akan lebih semangat bekerja dan tahu apa yang harus dilakukan.  Kecuali kalau anda hanya menganggap karyawan anda sebagai mesin atau alat produksi. Tapi itu bahaya kedepan. Perusahaan anda mudah runtuh. 

 

Sebagai kesimpulan, jika Anda menemukan bahwa Anda bekerja di salah satu perusahaan dengan 15 ciri-ciri tadi, maka Anda merupakan orang yang beruntung.

Semoga Anda termasuk orang yang beruntung! 

Share This Article