Mau Bisnis Kuliner ? Kenali Dulu Tantangan Dan Hambatannya !

bintangbisnis
Banyak hambatan dan tantangan bisnis kuliner termasuk resto dan kafe 

 

Bisnis restoran atau bisnis kuliner memang sangat menjanjikan. Bisnis ini memiliki potensi yang cukup besar, tetapi juga datang dengan tantangan dan risiko. Tengok saja para pengusaha yang sukses dari bisnis kuliner ini, dari mulai pemilik resto KFC, Solaria, McDonald, Es Telller, resto SS, Zenbu, Sushi Hiro, Ichiban Sushi, Gokana, Bakso Karapitan, Bakso CakMan, Domino Pizza, Pizza Hut, Marugame Udon, RotiBoy, hingga Obonk Steak dan RamenYa.

Para pemilik dari berbagai usaha resto / kuliner itu pun hidup tajir dan mampu memperkerjakan banyak orang. Tapi mengelola dan membesarkan bisnis kuliner juga hal yang mudah, banyak tantangan dan hamabatannya.

Ada beberapa potensi positif yang dapat ditemukan dalam bisnis restoran atau kuliner:

1. Permintaannya konstan: Makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar manusia, sehingga permintaan akan restoran selalu ada. Orang selalu mencari tempat untuk makan dan bersantap. Orang tak mungkin tidak makan, hanya masalah dimana dan di resto yang mana yang mereka pilih.

2. Kreativitas dan Inovasi: Restoran memiliki peluang untuk berinovasi dalam hal menu, presentasi makanan, dekorasi, dan pengalaman pelanggan. Kreativitas dapat membantu restoran menarik perhatian dan membedakan diri dari pesaing.

3. Loyalitas Pelanggan: Jika restoran dapat memberikan pengalaman yang baik, kualitas makanan yang konsisten, dan layanan pelanggan yang ramah, mereka dapat membangun basis pelanggan yang setia.

4. Potensi Keuntungan Tinggi: Restoran yang sukses dapat menghasilkan keuntungan yang menarik, terutama jika biaya pengeluaran terkendali dan strategi pemasaran efektif.

5. Berbagai Segmen Pasar: Restoran dapat menargetkan berbagai segmen pasar, seperti makanan cepat saji, fine dining, restoran tematik, restoran keluarga, dan lainnya. Ada yang menyediakan menu tradisional, menu modern, menu fusion, menu Jepang, menu Chinese, menu Jawa, menu Thailand, menu Western, dll.

6. Pertumbuhan Pariwisata: Restoran di daerah wisata memiliki potensi besar karena banyak wisatawan yang mencari tempat makan lokal.

Namun, penting untuk diingat bahwa bisnis restoran juga menghadapi beberapa tantangan. Kalau didalami, tantangannya lebih dari 10 hal, namun beberapa hal yang penting, antara lain bisa diungkap sebagai berikut :

1. Persaingan Tinggi: Industri restoran sering kali memiliki persaingan yang sengit. Pelanggan memiliki banyak pilihan, sehingga restoran harus bekerja keras untuk menarik dan mempertahankan basis pelanggan.

2. Biaya Operasional: Biaya operasional dalam bisnis restoran bisa tinggi, termasuk biaya untuk bahan baku, tenaga kerja, sewa tempat, dan lain-lain.

3. Kualitas dan Konsistensi: Menjaga kualitas makanan dan layanan yang konsisten sangat penting untuk mempertahankan kepuasan pelanggan.

4. Fluktuasi Musiman: Bisnis restoran bisa dipengaruhi oleh fluktuasi musiman, seperti perubahan cuaca atau musim liburan.

5. Tuntutan Tenaga Kerja: Industri restoran sering menghadapi tantangan dalam mencari dan mempertahankan tenaga kerja yang berkualitas.

6. Regulasi dan Perizinan: Restoran harus mematuhi berbagai regulasi dan perizinan yang berlaku, terkait dengan kesehatan makanan, keamanan, dan lainnya.

Sebelum memulai bisnis restoran, sangat penting untuk melakukan riset pasar yang komprehensif, merencanakan strategi yang baik, dan mempertimbangkan tantangan yang mungkin muncul. Dengan pendekatan yang baik, bisnis restoran dapat menghadirkan peluang yang menarik.

Persaingan dalam bisnis restoran bisa sangat kompetitif, terutama karena industri makanan dan minuman umumnya memiliki banyak pesaing. Beberapa faktor yang mempengaruhi persaingan dalam bisnis restoran termasuk:

1. Lokasi: Lokasi sangat penting dalam bisnis restoran. Restoran yang berada di lokasi strategis dengan akses mudah dan banyak pelanggan potensial akan memiliki keunggulan. Sebab itu, sebelum memulai usaha, carilah lokasi resto yang benar-benar bagus dan trafiknya ramai.

2. Kualitas Makanan dan Layanan: Kualitas makanan dan layanan pelanggan adalah faktor utama. Restoran yang menawarkan makanan enak, bahan berkualitas, dan pengalaman yang baik bagi pelanggan cenderung mendapatkan lebih banyak bisnis.

3. Inovasi Menu: Restoran yang terus-menerus memperbarui dan mengembangkan menu mereka dengan makanan yang kreatif dan menarik bisa menarik perhatian pelanggan baru. Buatlah menu yang tidak dipasarkan resto lain yang menjadi pesaing Anda.

4. Harga: Penetapan harga yang tepat juga penting. Restoran harus mempertimbangkan harga bersaing dalam hubungannya dengan kualitas makanan dan layanan yang mereka tawarkan. Bagaimanapun harga sangat menentukan. Sekaya-kayanya konsumen, mereka tetap masih mempertimbangkan faktor harga.

5. Pemasaran dan Branding: Upaya pemasaran yang efektif dan branding yang kuat dapat membantu restoran menonjol dari pesaingnya. Jangan lupa untuk aktif mempromosikan resto Anda dengan berbagai media yang bisa Anda gunakan.

6. Ulasan dan Reputasi Online: Ulasan pelanggan dan reputasi online bisa memiliki dampak besar. Restoran yang mendapatkan ulasan positif cenderung menarik lebih banyak pelanggan.

7. Tren Makanan dan Gaya Hidup: Mengikuti tren makanan dan gaya hidup yang sedang berkembang bisa membantu restoran tetap relevan dan menarik bagi pelanggan.

8. Penawaran Khusus dan Promosi: Penawaran khusus, diskon, atau promosi tertentu dapat membantu menarik pelanggan dan menciptakan loyalitas.

9. Kebersihan dan Keamanan: Standar kebersihan dan keamanan yang tinggi sangat penting dalam bisnis makanan dan minuman. Restoran yang menjaga kebersihan dan keamanan dapat membangun kepercayaan pelanggan. Sekali di resto Anda ketahuan ada kecoak atau tahi tikus di tempat makanan, maka akan runyam akibatnya bila diketahui dan diviralkan oleh pelanggan.

10.Relasi dengan Pemasok: Kerjasama yang baik dengan pemasok untuk mendapatkan bahan baku berkualitas dan harga yang kompetitif juga penting. Carilah pemasok yang benar-benar berkualitas dan mampu memasok untuk jangka panjang.

Dalam persaingan bisnis restoran, penting untuk memiliki strategi yang baik, fleksibel, dan beradaptasi dengan perubahan pasar serta selalu berfokus pada kualitas dan kepuasan pelanggan. Dan kita harus terus belajar mendengarkan apa kemauan pelanggan.

 
Share This Article